Menu

Jumat, 28 Februari 2014

Bahaya Kelebihan Vitamin D



Vitamin D memang sangat banyak manfaatnya seperti pencegahan terhadap diabetes, gangguan tulang ataupun gangguan otot. Tapi jangan sampai mengkonsumsi vitamin D ini secara berlebihan karena ternyata bisa menimbulkan bahaya bagi anda.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian dari John Hopkins University yang menunjukkan bahwa mengkonsumi vitamin D secara berlebihan tidak akan memberikan manfaat apapun untuk tubuh malahan bisa menimbulkan bahaya.

Studi ini dimuat dalam American Jurnal Of Medicine yang merekomendasikan agar tidak perlu mengonsumsi vitamin D secara berlebihan karena bisa meningkatkan resiko gangguan kardiovaskular.

Pendapatan lain yang bersumber dari ketua Sutdi Muhammad Amer, yang merupakan Asisten Professor penyakit dalam di Sekolah Kedokteran Hopkins University, orang sehat perlu menghentikan mengkonsumsi Suplemen vitamin D karena tidak akan bermanfaat.

Tapi menurut Amer ada beberapa orang tertentu yang memang membutuhkan tambahan suplemen vitamin D seperti orang berusia lanjut, wanita yang baru menopause, dan juga pasien yang sakit ginjal.

Hal ini berdasarkan tinjauan dari rekaman Medis lebihd ari 10000 pasien di National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES). Survei tersebut diselenggarakan dari tahun 2001 – 2004. Kemudian data tersebut dibandingkan dengan data yang diperoleh dari National Death Index tahun 2006.  Dan hasilnya menunjukkan kadar vitamin D dalam darah yaitu 21 nanogram/25 mililiter. Kadar tersebut dinilai sudah mencukupi.

Vitamin D dalam darah bakal memberikan manfaat jika kadarnya normal yaitu untuk menurukan resiko kematian karena penyakit kardiovaskular hingga setengahnya.Tapi jika kadar dari vitamin D tersebut melebihi 21 nanogram maka efek melindungi justruakan berkurang bahkan akan menjadi berbahaya.
Lebih lanjut Amer mengatakan bagi orang yang ingin mengonsumsi suplemen vitamin D diharapak berkonsultasi dulu pada dokter.

So.. anda yang ingin mengonsumsi Suplemen Vitamin D harap berhati-hati jangan sampai berlebihan karena bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh anda, Selain itu perlu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi Vitamin D.

Tidak ada komentar: